Baca Dulu...

tergerak oleh semakin parahnya keadaan lingkungan kita khususnya masalah sampah dan perilaku masyarakat yang semakin tidak memperdulikan lingkungan, maka terciptalah blog ini.

blog ini berisi berbagai macam artikel yang saya kumpulkan menjadi satu, isi artikel di dalam blog ini adalah hasil suntingan dari berbagai sumber (sumbernya saya usahakan tercantum didalam setiap artikel).

akhirkata selamat membaca.

salam.



Sunday, October 31, 2010

Jepang Menemukan Plastik Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Tokyo: Plastik memang dikenal sebagai bahan yang tak bisa terurai secara alami. Tak heran, limbah plastik kerap menimbulkan masalah lingkungan. Akibatnya dalam sepuluh tahun terakhir ini, jumlah limbah plastik bertambah dua kali lipat. 

Ada yang memusnahkan limbah plastik dengan membakar. Namun, plastik yang dibakar akan menimbulkan gas beracun. Di masa depan, masalah-masalah yang berkaitan dengan limbah plastik tampaknya bisa diminimalisir--untuk tak mengatakan dihilangkan. Baru-baru ini, ilmuwan Jepang menemukan jenis plastik yang bisa terurai. Plastik ini terbuat dari bahan organik, yaitu tumbuhan jagung. 

Saat ini, berbagai benda mulai dari pot bunga hingga kantung sampah memang banyak yang terbuat dari plastik. Alasannya, plastik mempunyai sifat yang mudah dibentuk dan tahan lama, dibanding kayu dan bahan organik lain. Sehingga, plastik dipilih menjadi bahan baku pembuatan aneka ragam produk yang mudah dibuat. 

Di Jepang, jenis plastik baru ini sudah beredar dan mempunyai kekuatan sebaik plastik konvensional. Bedanya, setelah dibuang, plastik tersebut dapat terurai oleh mikroorganisme di dalam tanah. Lalu, plastik jenis ini juga dapat dibuat menjadi aneka ragam benda, seperti plastik untuk kemasan hingga serat untuk tekstil. 

Bila dibandingkan plastik dengan bahan polyester dengan plastik jenis baru memiliki banyak kelebihan. Plastik baru temuan ilmuwan Jepang ini mempunyai daya tahan lebih tinggi terhadap bakteri dan jamur. Saat dibakar pun gas yang dihasilkan tidak akan menimbulkan efek rumah kaca maupun gas beracun. Sehingga plastik ini aman digunakan sebagai wadah makanan dan dapat pula digunakan di dalam mikrowave

Industri barang elektronik di Jepang juga sudah menggunakan plastik jenis ini, seperti kartu memori pada komputer jinjing atau laptop. Bahkan produsen komputer tersebut berjanji dalam lima tahun mereka akan meluncurkan komputer yang sebagian komponennya sudah terbuat dari plastik jenis baru ini. 

Boleh jadi, di masa mendatang, plastik ramah lingkungan ini merambah di bidang otomotif. Saat ini, plastik yang bisa terurai baru terbatas pada karpet lantai kendaraan. Bahan plastik terbuat kentang.(ZIZ/Sud)

No comments:

Post a Comment